Rabu, 13 Februari 2008

Freedom Writers


Aku baru aja nonton film which I rate “Highly Recommended”. Judulnya Freedom Writers yang bintangnya Hilary swank. Isinya tentang kisah nyata (mudah mudahan memang demikian) seorang guru baru yang harus menangani kelas anak bandel sebagai tugas pertamanya. Dan yang kumaksud bandel disini bukan anak anak yang suka ngebolos, ngerokok atau yang biasa kita liat di sekolah sekolah di Indonesia. Mereka yang adalah anak anak yang terlibat perang gangster di daerah Long Beach California sana yang tiap hari keluar rumah dan mengetahui bahwa itu mungkin adalah perjalanan terakhir mereka. Sisa film itu silakan nonton sendiri, dan aku bisa menjamin kalian tidak akan pernah menyesali 2 jam hidup yang sudah kalian habiskan untuk menonton film itu.

Kasus yang kurang lebih sama pernah dialami oleh ibu ku. Datang dari kota kecil Pekanbaru ke kantor pusat di Soekarno Hatta, di tempatkan di divisi yang tidak begitu populer dan harus hidup nge kos dan sendirian (bayangkan, berumur late 40’s dan masi nge kos). Dan yang paling berat adalah penerimaan yang tidak begitu baik oleh rekan rekan kerja barunya, bahkan ada beberapa yang terang terangan menyatakan tidak akan mendukung ibuku. Itu sekitar 5 tahun lalu.

Setelah 5 tahun, divisi yang dipimpin ibuku sekarang merupakan divisi yang diperhitungkan oleh Mentri sekalipun, perlakuan kolega kerjanya pun sudah sama sekali berbeda, ada rasa hormat yang luar biasa (setidaknya begitu yang kulihat).

Aku melihat ada kesamaan yang dialami oleh ibuku dan Erin Gruwell di film Freedom Writers. Sama sama wanita, punya harapan besar, ditempatkan di lingkungan yang tidak begitu populer, tidak diterima dan sukses membuat perubahan besar. Dan kesamaan terbesar yang aku lihat adalah cara memperlakukan orang orang yang menolak mereka. Dan cara itu adalah RESPECT. Agak sulit buat aku menggambarkan apa yang kumaksud dengan respect disini, tapi saat kalian menonton filmnya aku yakin kalian akan mengerti.

Pokoknya kalian harus nonton film ini, mungkin kalian akan menyadari betapa indahnya kehidupan yang sedang kalian jalani, dan itulah saatnya kita mulai bersyukur.

Semoga Allah membahagiakan kita semua.

sumber gambar : allposters.com

Tidak ada komentar: